Tips Merawat Tas Gunung Buat Hiking

Tas gunung menjadi peralatan wajib ketika kamu atau teman mu mendaki gunung, apalagi buat kamu yang hobi dengan hiking atau kegiatan pecinta alam. Pada dasarnya tas gunung di desain dengan bahan yang kuat dan memiliki ketahanan yang tinggi agar bisa tergunakan dalam jangka waktu yang lama. Beberapa kerusakan yang biasa terjadi adalah lapisan yang robek, resleting macet atau rusak dan sebagainya. Padahal tas gunung terlengkapi dengan material khusus, bantalan bahu, tali pinggang, tali dada, dan kantung atas dan lain – lain. Agar kamu bisa tahu tips merawat tas gunung, simak artikel di bawah ya.

  1. Sikat Tas Gunung Dengan Perlahan

Setelah kamu melakukan pendakian, kamu bisa mengosongkan tas gunung mu terlebih dahulu. Setelah isi tas kosong, maka kamu bisa mulai mencuci tas gunung mu itu. Mulailah bersihkan bagian – bagian tas gunung mu dengan sikat secara perlahan. Namun jika noda gunung tidak terlalu melekat, kamu bisa gunakan kain biasa.

  1. Hindari Menjemur Gunung Secara Langsung Di Bawah Sinar Matahari

Setelah kamu mencuci tas gunung mu, kamu bisa mengeringkan tas mu dengan mengangin – anginkan. Sebaiknya kamu jangan keringkan langsung di bawah sinar matahari, karena hal tersebut mampu membuat warna tas kamu terlihat lebih pudar. Jadi lebih baik kamu angina – anginkan tas gunung kamu di tempat yang tidak terkena langsung oleh sinar matahari. Setelah sudah agak kering, kamu bisa jemur di bawah sinar matahari namun jangan terlalu lama. Jika tas gunung kamu sudah kering, kamu bisa gunakan kapur barus untuk kamu berikan kepada tas mu. Hal ini sangat bagus agar tas mu bisa terhindar dari jamur dan bau yang tidak sedap.

  1. Simpan Tas Gunung Ke Dalam Plastik

Jika kamu ingin menyimpan tas gunung mu, kamu bisa gunakan wadah plastic sebagai penutup. Pastikan plastik menutupi seluruh area wilayah tas, jangan biarkan ada yang terbuka agar jamur dan debu sulit untuk masuk. Tas gunung yang sudah terbungkus rapi bisa segera kamu simpan ke dalam tas. Kamu juga harus memperhatikan bahwa tidak ada barang berat yang bakal mengenai punggung tas, karena jika terkena, maka punggung tas akan berubah, membuat punggung tidak nyaman dan semakin berat.

Demikian artikel dari tips merawat tas gunung buat hiking, jangan lupa cek katalog tas dan dompet kami di website ini ya.

Tagged ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *