5 Ciri Gejala Omicron Yang Harus Kamu Kenali

Kasus penyebaran virus Covid 19 varian Omicron sedang merajalela di Indonesia. Beberapa kasus positif mulai timbul menyeruak bahkan sudah masuk dalam variant of concern di berbagai negara. Dengan virus Omicron yang mulai meningkat ini, masyarakat harus waspada selain itu kita juga harus memahami pencegahan penularan serta penanganan yang dapat kamu lakukan dengan segera. Menurut Angelique Coetzee yang merupakan Dokter di Afrika Selatan mengatakan bahwa gejala omicron bisa terdeteksi ketika menyerang manusia. Berdasarkan hasil penelitian, 5 ciri gejala omicron adalah sebagai berikut:

  1. Sakit Tenggorokan tapi Tidak Batuk

Sakit tenggorokan dengan batuk adalah gejala umum bagi orang yang terdeteksi menderita Covid19. Namun pada Omicron, gejala sedikit berbeda karena sakit tenggorokan cenderung terasa gatal, kering bahkan tanpa batuk.

  1. Nyeri Pada Otot dan Sendi

Berdasarkan data dari Gavi.org, laporan pertama Omicron di Afrika menunjukan bahwa terdapat reaksi nyeri punggung di bagian bawah. Tidak hanya itu, rasa nyeri ini juga berlangsung menjalar ke beberapa area lain seperti persendian dan nyeri otot (myalgia).

  1. Kelelahan

Ciri gejala Omicron lainnya ialah kelelahan, sehingga tubuh menjadi lemas bahkan mudah merasa lelah meski tidak melakukan kegiatan berat. Tanda – tanda kelelahan ini termasuk konstan karena biasanya juga terasakan oleh penderita Covid19 lainnya.

  1. Sakit Kepala

Sakit kepala yang terasa nyeri tersertai dengan demam seperti flu merupakan reaksi peradangan bahwa tubuh sedang melawan virus. Pada gejala Omicron ini terasa berdenyut, tertekan dan terkadang tersertai rasa menusuk dengan intensitas ringan sampai berat.

  1. Tidak Kehilangan Indra Penciuman

Pada varian Corona sebelumnya setiap orang yang terkena Covid akan kehilangan indra penciuman dan perasa. Namun untuk varian omicron justru sebaliknya, karena penderita tidak kehilangan indra perasa atau penciuman. Adapun gejala lainnya misalnya seperti diare, batuk kering, hidung tersumbat, mual, demam, gejala seperti flu hingga nafas pendek dan kesulitan bernafas.

Perawatan Penderita Omicron

Bagi kalian yang merasakan gejala yang kurang lebih mirip dengan di atas, kalian tetap tenang, dan cobalah untuk periksa sembari tes swab atau PCR. Setelah mendapatkan hasilnya kalian bisa periksa kembali untuk mendapatkan perawatan khusus corona dan saran terkait isolasi dan pencegahan lainnya. Jangan lupa selalu melakukan kegiatan yang menyehatkan dan berpikir positif agar bisa membuat imun tubuh lebih baik.

Demikian artikel 5 ciri gejala omicron.

Jangan lupa cek katalog tas dan dompet kami hanya di teenschoice.id.

Sumber: CNN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *