Gelar‘ Patroli Plastik’ Komunitas di Kepulauan Selayar, Didukung Indorelawan

Suatu aksi unik dicoba oleh beberapa komunitas di Kepulauan Selayar yang dimotori oleh Gerakan Selayar Leluasa Sampah Plastik serta didukung oleh Indorelawan, suatu organisasi nirlaba yang memfasilitasi kerja sama organisasi/ komunitas sosial serta sukarelawan. Aksi anti mainstream tersebut bernama Patroli Plastik.

Aksi Patroli Plastik

Patroli plastik sendiri merupakan jadwal reguler Gerakan Selayar Leluasa Sampah Plastik. Gelaran kali ini, Pekan( 31/ 10/ 2021), dilaksanakan selaku kegiatan puncak dari event Zero Waste and Youth Fest yang semenjak 23 Oktober di Kepulauan Selayar. Di mana tadinya, sudah dilangsungkan aktivitas Selayar Leluasa Sampah Plastik Road to School di 3 sekolah yang diseleksi.

Patroli Plastik merupakan kegiatan menukarkan material plastik yang digunakan oleh warga di tempat- tempat universal dengan wadah yang lebih ramah area. Patroli Plastik selaku bagian dari event Zero Waste and Youth Fest 2021 pula berisi kegiatan memungut sampah sembari berolah raga( jogging).

Sosialiasi Perilaku Less Plastik

“ Jogging sembari memungut sampah ataupun plogging merupakan kegiatan yang sangat terkenal di Eropa serta kami adopsi selaku metode baru mengkampanyekan perilaku less plastic,” ucap Hasriani sebagai project Manager pada organisasi Gerakan Selayar Leluasa Sampah Plastik.

Buat Patroli Plastik edisi Pekan( 31/ 10/ 2021), hari ini, ribuan kresek yang digunakan oleh wisatawan Pasar Bonea, pasar terbanyak di Kepulauan Selayar, ditukarkan dengan tas belanja non sekali gunakan yang dibuat dari kain. Sedangkan itu terdapat puluhan karung sampah plastik yang terkumpul pada aktivitas plogging yang dicoba pada hari yang sama.

“ Dikala menukarkan kantong plastik yang dipakai masyarakat, kami pula melaksanakan sosialisasi tentang bahaya polusi sampah plastik, antara lain dari kresek yang sering digunakan warga sepanjang ini. Kami melaksanakannya pasti dengan metode yang simpatik,” ucap Riyadi Achmad sebagai Program Leader Gerakan Selayar Leluasa Sampah Plastik di posisi aktivitas.

Patroli Plastik pula diiringi oleh beberapa organisasi lain semacam Karang Taruna, Warga Sadar Wisata( MASATA), kelompok pelajar serta komunitas yang lain.

“ Pelibatan komunitas jadi upaya kami mengangkut problem sampah plastik selaku isu bersama,” lanjut Riyadi.

Ada pula sokongan Indorelawan pada kegiatan Patroli Plastik ini jadi bagian dari program Temali Project, di mana organisasi Indorelawan membagikan supporting pada komunitas- komunitas yang dinilai mempunyai ilham yang konstruktif, antara lain pada isu leluasa plastik.

Jangan lupa kunjungi katalog tas kami hanya di teenschoice dan Tokopedia Planet Ocean Official Store.

Sumber: Upeks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *